Wednesday, February 1, 2012

Kirain Test pra nikah, ternyata...

Akhirnya.. selesai juga semua urusan KUA.. Ternyata kepanjangan KUA itu kantor urusan agama *baru tau*.
Wondering dikit, orang2 yang ke KUA itu khusus muslim yah? klo kristen ato budha ato hindu ato yang lain kemana yah?

Eniwey, kemaren tuh dapet panggilan ama kuakec nya.. harusnya yang datang tuh pasangan pengatinnya tpi berhubung si kawan orang banda, and dya juga udah ikot disana, jadi gpp ga datang, palingan aq minta contekan ijab qabulnya itu. Tau ndiri lah orang Aceh ini, klo udah beda bahasa dikit udah di bilang ga sah, udah narek napas bentar dah dibilang ga satu napas.. RIBET..!! Padahal yah klo q liat di tipi-tipi, ijab qabul orang2 terutama di pulau jawa ga gitu susah, pake kope'an ajah boleh.. Ya cuma sebagai bentuk penghargaan tentu akan lebih baik klo bisa di hafal..

Ngeliatin yang laen pada ada pasangannya, aq ngerasa bete juga. Capeng or Catin alias calon pengantin yang datang kemaren itu lumayan rame. ada 15 pasang jadi ada 30 orang lah (Lagi musim kawen kali yah). Cuma aq and ada seorang lagi yg ga ada pasangannya. Maunya kan bisa denger sama2... bukan aq doang..


Ngomongin tentang masalah bimbingan itu, Klo dulu emang kayak di test-test. Makanya pas aq nanya-nanya ma orang2 yang udah duluan kawen, mereka pada bilang nanti di tanya-tanya gitu. Makanya kemaren kesibuan ngafalin ini itu *biar dianggap udah bisa*. Rupanya (ktanya) berdasarkan kebijakan pemerintah, test2 gtu udah ga ada lagi, yang ada bimbingan alias ceramah lah... Dya bilang harusnya bimbingannya itu 3 x 24 jam, cuma karena keterbatasan semuanya makanya disingkat kali yah (2 jam ajah bosan apa lagi segitu.. hadeuh).  Jadinya kemaren itu bimbingannya dari pagi ampe sore. Lumayan capek juga dengerin ceramah selama itu. mulai dari jam 9 pagi ampe jam 4 sore. Tapi ada lucu-lucunya juga kok... :)
Materi yang diberikan melingkupi:
1. tata cara dan prosedur perkawinan
2. kesehatan reproduksi
3. pengetahuan agama
4. UU
5. Hak dan kewajiban suami istri
6. Manajemen keluarga
7. psikologi perkawinan dan keluarga

Abestu kita dikasih sertifikat gtu.

Jadi mulai sekarang, kawen ga usah takot di test lagi, krn dah ga ada lagi gtu-gtuan (tpi tergantung daerah udah nerapin peraturan baru ini apa belum). Untuk daerah langsa ajah, cuma kecamatan Langsa Kota yang baru nerapin sistem baru ini.. itupun katanya orang-orang udah merepet kok lama kali bimbingan kek gtu..

Ya klo aq, yah ikotin ajahlah, toh ga rugi juga dengerinnya, nambah wawasan malah... :)

2 comments:

Farissi (イチ) said...

owh..gitu, tp kalo kawan ici setelah ikut bimbingan, dikaseh sertifikat... trus besoknya ditest lagi.. hehe =)

~Ulfa~ said...

itu mah wasting time, kebalik lagi masak duluan di kasih sertifikat..
lagian sbnrnya test tu gada gunanya..mnurut aq siy.. mank klo ga lulus tes ga boleh nikah apa? mendingan bimbingan ajah dah cukup..

Post a Comment