Wednesday, March 28, 2012

Am I a good Lecturer?

Jadi ceritanya niy, 2 minggu lalu aq dapat tawaran tuk ngajar di universitas di daerah aq. tawarannya siy bukan dari orang jauh2... tapi masih orang terdekat aq.. siapakah dya?? hhhm... dya adalah BOKAP.. *malu-malu bilangnya*. Intina siy, akhir-akhir ini dya tuh sibuk bgt. sedangkan jadwal ngajarnya dya itu penuh, jadilah dya minta aq tolongin dya tuk gantiin sementara waktu ini. Yaa... setelah dipikir-pikir, aq mau ajah.. toh bokap ngajar nya di FKIP, sesuai lah dengan gelar s2 dari oz yang tak seberapa itu. Sayang juga kalo ga disalurkan tuh pengetahuan. di kantor juga cuma sibuk menggosip. Jadi bulatlah tekatq tuk mengajar di sana.

Kebetulan, jurusan yang aq ajar itu jurusan Bahasa Inggris. Positive lah aq tambah semangat.. Ya lumayan lah ada tempat tuk cas cis cus ria dengan tuh bahasa bule. sekalian unjuk gigi... haha

Minggu lalu ntu, minggu pertama aq masuk ke kelas mereka.. q rasa terkejut juga mereka.. tiba-tiba nongol di kelas mereka and sok kenal gitu and langsung nyapa.. "Good Morning everyone??.... Is this Mr. bla bla class" dengan suara yang diusahakan kedengaran ampe ke pojok2 ruang.. hehehe.. Dari tampang mereka siy kayaknya heran.. ato mungkin berfikir "sok kali ms ini, datang2 ngomong pake bhasa inggris" well, that's me..
Padahal yah, dalam hati tuh, dag dig dug duer juga.. masuk kelas yang isinya ada sekitar 40 orang and anak kuliah lagi. Mana aq masih muda *merasa muda and emang masih muda* :D
Aq piker mereka bakalan ga mau dengerin, tapi ternyata alhamdulillah bisa terhandle lah..


So.. How's my teaching style look like? 
Udah aq pikir bgt tuh aq mo ngajar model gmana. Jaman sekarang ga model lagi tuh ngajar CBSA alias catat buku sampe abes. and ga model lagi klo dosen cuma ngomong di depan sendiri. tuh mahasiswa bakalan tidur dibelakang *pengalaman pribadi*
Jadi, aq pke metode diskusi ajah. karena pelajaran aq juga pelajaran yang membutuhkan dya nalar ato harus mampu mengeluarkan pendapat, maka sering lah aq bertanya ke mereka. Otomatis, mereka ga sempat ngantok karena sibuk berfikir takot di tunjuk.. :))

Susunan kusri di ruang kuliah pun aq rombak semua. q bilang ama mereka aq tidak mau duduk seperti anak sekolah gini, aq maunya kalian duduk melingkar. and ternyata, pas tadi aq datang, mereka patuh bgt loh.. udah mereka siapkan tuh kursi... I am Impresed..
Klo susunan kursi begitu, aq mudah jalan, mendekat ke mereka, and again, mereka pasti nyimak, ga ngantuk and ga ribut.

Intinya siy, teaching stylenya aq itu terinfluenced bgt dari mantan-mantan dosen di Malaysia and Oz... Thanks to them... :)


0 comments:

Post a Comment