Thursday, March 22, 2012

Boh Gaca

Eh.. masih dalam euphoria pernikahan neh.. makanya masih suka update yang berbau-bau persiapan pas dulu mau nikah and resepsi.. Dulu kan lum sempat di ceritain, jadi baru lah sekarang mo pamer-pamer berbagi dikit, itung-itung juga tuk dijadiin memory juga, jadi ntar klo dah tua, bisa baca-baca lagi ini blog and mengenang gitu (*sok mengenang, lum tentu juga panjang umur*) mana tau juga ntar di baca ma anak2 ato cucu2.. :D

Jadi, ceritanya sebelum nikah itu ada acara "boh gaca" and ternyata adatnya itu buanyak banget... sengok juga aq liat adat yang ga pernah aq liat lagi.. hamper suntok juga musti menjalani itu semua dengan mata orang pada ngeliat-ngeliat aq.. hufft...



Kalian tau ga klo dalam adat boh gaca itu susunan acaranya begini... Pertama yah itu yah kayak kata pengantarnya, trus ada nasehat perkawinan, lanjot sembah sujud si anak ke orang tua, doa.. (niy acara masih standard).. nah masuk ke acara adatnya ini baru agak-agak aneh but quite interesting... Pertama itu, aq di peusijuk ama orang-orang tua (umi, nenek, nyakwa, cecek, de el el pokoknya sodara dekat yang cewek). Abes aq yang di peusijuk, nah giliran si batu giling yang di peusijuk.. ini lah yang agak mengherankan biasanya orang lah ini batu yang di peusijuk..
abestu, giliran 7 orang family dekat yang giling inai. batu gilingnya pun udah di alasin 7 lembar kain, jadi setiap 1 orang selesai giling, tuh kain di ambil satu, begitu seterusnya ampe kainnya abes... abes semua itu acara adat, baru lah pake inai yang sesungguhnya..

Enough with the explanation, lets just check it out here:

niy batu si penggiling inai, di pesijuk pula, tuh keliatan ketan/bulukat nya... -_-'


Abes dipakein semua inai yang di giling itu, langsung di buang, and langsung lah si henna artistnya yang bekerja. Niy dya aksinya:




0 comments:

Post a Comment