Saturday, May 19, 2012

Hal yang perlu ditanya sebelum menikah

Akhir-akhir ini banyak temen q yang menikah.. seneng bgt dengernya. And kayaknya siy bakal ada yang menyusul juga.. Terinspirasi dari orang2 yang baru/akan menikah, I just wonder, are they doing the things like i did before they are getting married?

well, dulu sebelum menikah, ada hal-hal yang aq bicarakan ama si calon suami, jadi istilahnya di cocokin maunya kita and dya. Pengennya buat perjanjian pranikah, tapi kayaknya dya ga mau and persepsi orang ama perjanjian pranikah masih negatif. Mereka nganggapnya perjanjian itu kyk persiapan sebelum cerai. Padahal menurut aq isinya bukan hanya ngurus kearah yang begituan, toh konsekuensi di dalam perjanjian kan hasil diskusi kedua belah pihak.

anyway, jadi hal-hal yang aq tanyain itu yah di antaranya:

1. Masih bolehkah aq melanjutkan sekolah ke luar?
Sekolah ke negara lain (walopun udah pernah) tetap menjadi impian and cita-cita aq. Jadi aq tidak mau ada yang menghalangi. Mungkin bagi laki2 pasti agak sulit mengizinkan (termasuk dya) apalagi klo udah punya anak. Jadi kita deal, as long as i am not abandon him and our children it's okay.

2. Keuangan
Aq ingin tau sistem bagaimana dya menafkahiku secara materi yah. Keliatannya si kyk aq cewek matre, tpi menurut aq ini penting. Aq ingin tau berapa dan bagaimana. Harus saling terbuka berapa penghasilan masing-masing. Berencana membuka rekening bersama *yang tentu saja beda ama rek.pribadiq, krn aq kerja juga, jd uangq yah uangq... haha* . Bukan berarti juga aq tidak menggunakan uang pribadiq. Klo emank qta butuh pasti intinya kan sharing. Dulu waktu nanyanya sebenarnya agak segan juga siy krn takut dianggap macam2. tapi daripada2, mendingan2... hehe

3. Tinggal dimana
Nah ini juga jadi masalah. Aq sebagai anak paling bontot ya pasti ingin ortu tinggal d rumah. Lah dya, juga emaknya pengen dya tinggal disana. Walaupun begitu sebenarnya aq juga tidak bisa memaksakan dya untuk tinggal di daerahq. Dya yang berhak membawa aq pergi kemana pun. Tapi berdasarkan pertimbangan2 akhirnya kita memutuskan untuk sementara ini tinggal di rumah masing-masing. Kedepannya masih harus di liat lagi kesempatan yang ada.

Buat aq tiga hal itu adalah yang utama yang ingin aq ketahui. Masih banyak siy yang lain2nya yang udah aq tanya *secara byk tanya* tapi udah lupa. And masih byk pula pertanyaan yg mungkin belum ditanya, tpi itu bisa dikompromikan lah nanti.

So.. bagi kalian yang mau menikah, sebaiknya tanyalah hal-hal yang dikira perlu, jangan pas pacaran or tungangan cuma ngomong yang enak2 or mesra2 doang or imagining tt pernikahan alias exciting bgt, jadi lupa deh ama yang lainnya. Sometime you need to be sure and realistic!

2 comments:

Farissi (イチ) said...

okay deh..so far udh dibicarakan. Thax udh mau sharing Ulfa ^^

~Ulfa~ said...

ma sama ici... :)

Post a Comment