Saturday, February 9, 2013

Mata Bayi Belekan..

Dari umur 4 hari anakq udah bertaik mata alias belekan. umur seminggu udah aq bawa ke spesialis anak. Kasian siy sebenarnya, masih bayi banget udah kena obat dokter. Ke dokter itu pun karena masih ada voucher gretongan dari rumkit untuk konsultasi ama dsa *dokter spesialis anak*. Akhirnya dikasih obat tetes mata. Tapi dari yang aq liat siy, obat tetes matanya itu tetes mata steril, yang sering dipake untuk orang yg make contact lens. Pulang ke Langsa, belekannya ga sembuh2.. malah kotorannya jadi agak kekuningan mau kehijauan, dan makin lama matanya jadi merah. Takut juga lah aq. Mungkin waktu dimedan, agak jarang dibersihkan ato juga mungkin krna bayiq ga cukup umur. 

Orang2 kampung or orang2 jaman dulu siy bilang klo anak belekan di tetesin asi. tapi aq kok ga yakin yah.. emanknya steril yah? Nanya ma nyokap yang notabene seorang bidan, juga ga rekomen yang begituan. Nyokap siy nyuruh ke dokter.


Awalnya aq coba browsing di net penyebabnya itu. Rupanya bayi belekan itu biasa. Katanya ada saluran air mata dari mata ke hidung yang tersumbat. Jadi mereka nyuruhnya pijitan halus di batang hidung dari arah atas ke bawah. Pelan-pelan ajah urutnya, namanya juga bayi. Nah karena bayi aq udah merah matanya, jadi aq akhirnya bawa ke dokter anak (lagi). Akhirnya sang dsa memvonis si baby infeksi bakteri. Ya klo mau tau bakterinya apa, harus di kultur dulu, katanya gitu. Tapi ya ga di kultur juga si, dan, akhirnya dikasih obat lagi. Kali ini obatnya yah untuk bunuh bakteri, apa lagi klo bukan antibiotik. Obatnya dalam bentuk oral and tetes. 

Setelah bbrp hari, merahnya ilang, dan sekarang tinggal belekannya ajah. 6 hari kemudian antibiotik oral aq stop. kasian juga lah, anak bayi dikasih antibiotik lama2. Ampe sekarang alhamdulillah belekannya udah berkurang. Setiap hari, 2-3 kali sehari aq urut hidungnya. Ya medis and remedy di gabung.. :)

Mudah2an baby eshal cepet sembuhnya.. I love u baby... ^_^

0 comments:

Post a Comment