Monday, July 1, 2013

Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP)

Baby Nadya bentar lagi mau 6 bulan. Aq pengen tau udah seberapa jauh perkembangannya, apa udah sesuai atao belum. Kebetulan ada KPSP ini. sebenarnya untuk 3 bulan ada juga cuma udah lupa di post. Akhirnya yang kali ini wajib di post, biar sekalian berbagi ama emak-emak lain juga..

ini link lengkapnya : KPSP 

  1. Pada waktu bayi telentang, apakah ia dapat mengikuti gerakan anda dengan menggerakkan kepala sepenuhnya dari satu sisi ke sisi yang lain?
    0306-1
  2. Dapatkah bayi mempertahankan posisi kepala dalam keadaan tegak clan stabil? Jawab TIDAK bila kepala bayi cenderung jatuh ke kanan/kiri atau ke dadanya
  3. Sentuhkan pensil di punggung tangan atau ujung jari bayi. (jangan meletakkan di atas telapak tangan bayi). Apakah bayi dapat menggenggam pensil itu selama beberapa detik?
    0306-2
  4. Ketika bayi telungkup di alas datar, apakah ia dapat mengangkat dada dengan kedua lengannya sebagai penyangga seperti padA gambar ?
    0306-3
  5. Pernahkah bayi mengeluarkan suara gembira bernada tinggi atau memekik tetapi bukan menangis?
  6. Pernahkah bayi berbalik paling sedikit dua kali, dari telentang ke telungkup atau sebaliknya?
  7. Pernahkah anda melihat bayi tersenyurn ketika melihat mainan yang lucu, gambar atau binatang peliharaan pada saat ia bermain sendiri?
  8. Dapatkah bayi mengarahkan matanya pada benda kecil sebesar kacang, kismis atau uang logam? Jawab TIDAK jika ia tidak dapat mengarahkan matanya.
  9. Dapatkah bayi meraih mainan yang diletakkan agak jauh namun masih berada dalam jangkauan tangannya?
  10. Pada posisi bayi telentang, pegang kedua tangannya lalu tarik perlahan-lahan ke posisi clucluk. Dapatkah bayi mempertahankan lehernya secara kaku seperti gambar di sebelah kiri ? Jawab TIDAK bila kepala bayi jatuh kembali seperti gambar sebelah kanan.
    0306-4 

Jawabannya:
 Semua pertanyaan diatas jawabannya ya. Baby Nadya skornya 10. berarti dya "perkembangan anak sesuai dengan tahapan perkembangan (S)". Alhamdulillah.....

0 comments:

Post a Comment