Monday, February 2, 2015

Pendidikan anak: menentukan pilihan sendiri

Tanpa terasa, sudah dua tahun berlalu.. Si baby eshal udah gede ajah.. udah ga bisa kita sebut bayi lagi pun.. Perkembangannya pesat sekalee... Ntah karena masuk PAUD neneknya kali yah, jadi stimulasi nya banyak.. Ngomongnya udah banyak.. What a smart girl!!

But, yeah, semakin gede, semakin pintar, semakin banyak tingkahnya. Udah bisa bilang "tidak", udah bisa milih2 baju... pokonya udah bisa nentukan kemauannya apa. 
Emang siy aq sengaja ajarin si nadya supaya bisa menentukan apa yang dia mau dari kecil. And aq berusaha untuk tidak memaksakan kemauan aq. Biasanya kan para orang tua begitu.. Contoh kecilnya yah, masalah pake baju ajah.. Emang orang tua pengen anaknya keliatan cantik dengan milihin baju kesukaan emaknya, tapi pernahkah si emak perhatikan apa kemauan anaknya?? untuk apa keliatan cantik tapi anaknya ga suka and ga nyaman. akihirnya para emak yang anaknya ga mau dipakein baju itu, memaksakan kan...? parahnya lagi maksa ampe nangis... 
Tanpa disadari, anak itu belajar memaksakan kehendak loh... yang parahnya lagi, klo anaknya itu kan punya jiwa yang baik, pada waktu dewasa nanti dya hanya bisa berdiam diri tanpa bisa menolak. Bahaya kan kalo dya udah punya kehidupan sosial sendiri? akhirnya hanya bisa diperalat oleh temannya...

Makanya sedari kecil harus udah di didik untuk mampu menentukan apa yang dya mau. Jika kita mau nyuruh sesuatu, dan si anak ga mau, ya para orang tua musti mutar otak mencari cara merayu, membujuk ataupun mencari selah supaya si anak yang melakukannya sendiri dengan suka rela dengan kemauannya sendiri..

Sekarang si nadya paling susah klo disuruh mandi.. klo makan siy ga usah ditanya lagi susahnya. 
Urusan mandi, uminya musti cari seribu cara.. mulai dari pasang wall stiker, cari bebek karet, mainan, dan lain2 sampe mandiin boneka beneran (supaya dya bermain peran tuk mandiin anak)..

klo urusan makan musti nunggu dya lapar. klo udah lapar, otomatis makan sendiri dyanya...

Klo di pikir-pikir, pendidikan anak banyak banget yah.. tuk zaman sekarang ini, aq harus memberikan bekal yang cukup. Kita ga bisa lagi ikut dengan pola asuh zaman dulu. Ya.. kadang2 neneknya siy masih suka ngasuh juga, ya secara masih tinggal satu atap... ya palingan kita jelasin ama neneknya supaya jangan terlalu mengikuti pola asuh zaman.. (walo pada akhirnya neneknya agak sedikit emosi.. haha)

0 comments:

Post a Comment