Monday, February 2, 2015

Weaning with Love

 Apa siy artinya weaning with love? Weaning with love itu bahasa kerenya dari menyapih dengan cinta.. Ya maksudnya cara menyapih ASI yang tidak ekstrim.
 
Klo jaman dulu, pas kita mau nyapih asi, pasti di bilang klo nenenya udah busuk lah, bau lah, ga enak lagi lah... macam-macam kan..

Yang lebih parah lagi.. supaya ngedukung segala kebohongan yang diatas itu, malah di tarok yang bau-bau atau yang pahit-pahit dengan harapan si anak ga mau lagi...

Tanpa disadari kita ngajarin bohong juga kan...
 
Padahal yah, anak itu bisa diajarkan loh tuk lepas sendiri dari ASI. Aq udah praktekin sendiri.

Trus ada mitos kalo anak perempuan harus disapih pas umur 18 bulan.. hukum mana tuh yang bilang begitu? kayaknya ga ada deh .. dalam agama islam pun katanya sapih pas umur anak 2 tahun kan.. trus katanya lagi klo anak perempuan tetep di nenenin lebih dri 18 bulan katanya nanti anaknya jadi bodoh lah.. what a Myth..

Aq sengaja ga sapih dulu pas umur 18 biar aq tetep bisa meluk2 my beloved baby.. aq ajah ga rela klo disapih dulu, aq pengen anaknya puas dulu.. n juga ngelatih kedekatan kita dengan anak kan.. pokoknya aq udah lulus lah S3 ASI.. hehe

 So, how i did it?
Dari umur setahun, si nadya emang udah mulai berkurang asi kan.. secara dya udah makan sendiri.  nah jadi demand untuk produksi asi udah berkurang. Payudara aq juga ga produksi ASI sebabanyak yang dulu. itu juga termasuk langkah2 weaning loh.. jadi ntar pas di sapih, Payudara aq ga bengkak. Kan ada itu orang pas lagi nyapih nenennya jadi bengkak, trus saket malah sampe demam..
Nyapih itu proses bertahap untuk emaknye dan tuk anaknya.

Jadi dari usia 20 bulan, ASI udah mulai dikurangin banget.. klo bisa siy cuma pas tidur malam ajah.. klo ga bisa, maksimal cuma boleh 2 kali ajah sehari. tapi pas udah 22-23 bulan wajibnya cuma 1 kali ajah. biar latihan tanpa asi kan..
Nah dari usia 20 bulan juga and (lebih kuat lgi pas 23 bulan) , si nadya udah di wanti-wanti tuh, and sering diingatin kalo nanti pas dya udah ulang tahun  yang ke dua, nenen udah ga boleh lagi. harus sering dibilang klo si baby udah besar. tiap hari atau dua hari sekali sounding
“Nadya, udah besar, nanti ga nenen lagi ya, kalo haus minumnya air putih, malu klo udah besar masih nenen”

Nah alhamdulillah, pas selesai ulang tahun yang kedua, nenen bener2 stop. and klo anaknya minta kita cuma ngarahin ajah dan bilang klo si nadya udah besar, atau diajakin main ajah. Yang penting emaknya kekeuh klo mo nyapih yah.. yakin bisa. karena si anak bisa tau gelagat ibunya klo ga yakin.
Klo pas udah 2 tahun kemudian masih minta, si nadya tinggal di bilangin "malu lahh, udah gede.. masak masih nenen" trus dialihkan deh..

dan tuk aq, ga ada yang namanya bengkak, sakit, or malah demam.. sampai saat ini udah seblun berlalu.. alhamdulillah weaning with love nya berhasihl...



0 comments:

Post a Comment