Thursday, January 24, 2013

Melahirkan di RS. Columbia Asia

Pengalaman melahirkan emank ga ada bandingannya, terutama melahirkan secara normal. Yaa, walopun aq melahirkannya secara sc, tetep pengalaman yang seru juga, ga kalah dengan pengalaman pergi jalan-jalan ke luar negeri *hobiqu* :D pengeluarannya juga sama, banyak biaya euy..


Melahirkan disini buat aq recomended banget. Tapi ya persiapan budgetnya juga kenceng. yaa.. worth it banget lah. Semuanya diurusin ama mereka. Qta tinggal datang, bawa baju 1 stel ajah (buat aq and buat baby) yang di pake pas pulang nanti. Segala kebutuhan laen udah disiapkan ma rumah sakitnya.

Datang kemari bawa badan, terus langsung ke kamar persiapan and di operasi (klo yang di operasi) klo normal ya ke ruang bersalin. Selesai melahirkan langsung di bawa ke kamar. Pilihan kamar ya tergantung budget juga. Waktu aq siy milih yang superior, yang standard, tapi juga ga gabung ama pasien laen, alias satu kamar sendiri. Fasilitasnya mirip kamar hotel la, AC malah dingin bgt. Makanan disiapkan mulai dari sarapan, makan siang and makan malam. Menunya juga enak2 bgt. Malah tiap hari ahli gizinya or orang dapurnya datang nanyain mo makan apa sambil bilang menu yang tersedia apa ajah. Terus dapat snack pagi and sore and sebelum tidur dianterin susu hangat. Pokoknya orang dapurnya bolak-balik kamar ada 6 kali sehari. itu baru bagi pengantar makanan.

Nah, klo perawat yang menangani qta juga gtu, sekali ntah berapa kali dya ngecek. Ngasih obat, ngelapin (krna lum bisa mandi), ampe bersihin darah nifas pagi and sore. Baju ganti udah disiapain ma mereka, plus dipakein gurita and kaen sarung yang lagi-lagi disiapkan ama pihak rumah sakitnya (jarang-jarang kan rumkit yg bertaraf intl' nyiapin kaen sarung).

Nah, beda lagi ama perawat bayi. babynya kan di rawat di kamar bayi. Awalnya mau asi ekslusif dari sejak lahir, jadi setiap dimandiin dibawa ke kamar bayi trus dibawa ke kamar rawat aq. and klo udah eek, tinggal telp suruh ambil and klo dah bersih diantar lagi, ato perawatnya datang tiap 3 jam gantiin pampers. Tapi berhubung asiq ga keluar, walopun udah berusaha di sodorin, ampe babynya histeris nangis terus. akhirnya aq nyerah juga. malam pertama itu, jam 3 malam, nelp ke ruang bayi suruh kasi sufor.. *im so sorry baby* Kasian bgt dya udah lapar kyknya. suara tangisannya juga udah serak. Jadilah sejak hari itu bayinya tinggal di kamar bayi, and dia antar ke kamar 2 kali pagi and siang-sore. Tapi tiap 3 jam sekali di ambil tuk dikasih sufor.

Selain itu juga ada perawat khusus yang menangani masalah asinya. Tiap pagi datang perawat untuk massage payudara, supaya asinya lancar. enak kan..

Fasilitas laen yang di dapat free konsultasi ama DSA, 3 imunisasi gratis, and pas pulang dapat selimut plus bag and susu. byk lagi siy keuntungan lainnya spt diurusin akte. tapi berhubung KK ajah lum buat, cemana mo bikin akte.


0 comments:

Post a Comment