Tuesday, January 22, 2013

Sectio Caesarea

Hari yang dinantikan datangnya.. It was January 6th 2013. Pagi itu aq, husband and my parents went to the hospital. Rencana operasinya emang udah terjadwal jam 10 pagi. Jadi, karena udah terplanning, kami ga perlu ampe nginap dulu sebelum operasinya. Dari rumah (12 jam sblm operasi aq udah puasa) and terakhir minum itu (kata perawat di tempat praktek spog q) jam 3 malam. 
So, begitu nyampe rumah sakit udah ready masuk ruang operasi ajah.

Qta datang kesana jam 7 pagi (as advised), ya tau ndirilah orang indo, agak ngaret 15 menit. Jadi nyampe ke rumkitnya udah jam setengah 8. Perawat disana emang udah di advised duluan ama dokternya jadi dya udah tau. Sempat bilang juga dya kok agak telat, harusnya itu 2 jam sebelumnya udah disini (karena rencana awal operasinya itu jam 9). Aq yah senyum ajah, mo bilang apa lag wong udah terlanjut telat. Tapi untungnya ya ga telat2 kali lah...

Begitu nyampe, lgsung melapor ke nurse station bagian melahirkannya itu. Suami langsung disuruh ke administrasi )walo udah booking) untuk regestrasi ulang sekalian dapat kamarnya. Sedangkan aq, langsung disuruh ke ruang persiapan.. sendiri!, nyokap pun ga dibolehin masuk dulu. disuruh tunggu di luar ajah. Jadilah agak takut sedikit.. sendiri soalnya bowk..

DI ruang persiapan itu lah di persiapin semua. Awalnya di suruh buka semua. Mulai baju, pakaian dalam, ampe semua perhiasan, ga boleh ada satu pun, trus perawatnya ngasih baju rumkitnya. Abestu disuruh baring and check kondisi bayi, dengar denyut jantung, dll lah.. Kemudian baru lah proses pembersihan. Semua di cukur ampe bersih. Dikasih name tag di tangan, and ditanya2 riwayat kehamilan dan kesehatannya. Oh ya karena aq belum poop pagi itu, aq dikasih Micro**c, biar semuanya bersih.

Setelah semuanya siap, aq disuruh nunggu ajah di ruang persiapan itu sampe akhirnya di bawa ke OR. Lama bgt nunggunya, rencana dari jam 9 eh malah jadi jam 10.30 baru di bawa ke OR. Rupanya ada pasien dokterq juga yang harusnya jadwal operasinya setelah aq. cuma karena ketubannya udah pecah jadi dya di duluankan dulu.. 

5 menit sebelum dibawa ke OR, baru di pasang inpus. lumayan sakit juga dimasukin jarum itu.. (secara ga pernah kena suntik sepanjang itu). and setelahnya langsung di bawa ke OR. Ortu udah ngingatin tuk banyak2 berzikir. Entah kenapa yah, aq ga begitu takut dengan operasinya.

Nyampe juga di OR, seingat aq, sempat terlihat, aq masuk ke OR 4 (kayaknya banyak OR disitu) and langsung disambut ama 2 perawat, ce and co, and dokter spesialis anastesinya. Langsung lah mereka  bekerja, si perawat, sambil nanya2 dengan ramah, masang semua alat2 disitu, mulai dari alat jantung, oksigen dll.. ga ingat juga. Sambil itu juga si dokter anastesi juga kerja masangin ntah apa di sepanjang tulang belakang. Baru setelah semua terpasang, si dokter nyuntikkan obat bius lokal di tulang belakang bawah dekat pinggang. 5-10 menit kemudian, setelah obat mulai bekerja, barulah dipasang kateter. Untung ajah kateter itu dipasang setelah dibius, klo ga pasti agak ngilu or saket iu, secara dicolok di masukin ke ureter gtu..

Diruang operasi itu dingiiiiin buanget... ntah tambah dingin karena di pakein obat bius ntah emang makin dingin ga ngerti juga. akhirnya si dokter ngasi obat penghilang dingin yang sensasinya luar biasa. sensasi obat bius ajah agak aneh kayak jadi kesemutan ntah apa, ditambah obat ini, tiba2 jadi ngantuk plus sakit kepala and jantung agak berat kayak melambat gtu, nafas pun jadi agak sesak. Lalu dokter anastesi and perawat nenangin aq sambil bercanda2 and dikasih musik.

Sambil nunggu dokter kandunganqu, aq bisa liat 3 orang perawat lain masuk sambil bawa peralatan bayi. Kayaknya siy itu tim dokter anak and perawatnya. walopun udah ngantuk berat masih bisa ngeliat disekitar lah. 10 menit kemudian dokter datang. aq udah ngantuk bgt. and operasinya rupanya udah dimulai. Ga tau krn udh ditutup, cuma bisa ngedengerin suara dokternya ajah. Ga nyampe 5 menit kemudian, anakq udah lahir, masih bisa ngeliat pas ditangkap ma perawat anak untuk dibersihin. Trus baru aq denger tangisannya.. bahagia bgt.. Setelah bersih, perawatnya lalu ngasih liat ke aq and diciumin ke aq. Abestu aq ketiduran ga tau lagi.. Sampe akhirnya keluar dari OR4 tpi masih di ruang tunggu OR. barulah sang suami datang and bangunin aq and ngasih liat foto our baby walopun aq masih fly...

Beberapa menit kemudian  (kyaknya 20 menitan deh) baru di pindah ke ruang perawatan...

0 comments:

Post a Comment