Thursday, May 2, 2013

I've got Pain in my breast! hiks... It's a galactocele

Ada-ada saja kalo emank penyakit menghampiri. Udah sebulanan ini aq ngerasain sakit di nenen sebelah kiri. Sakitnya cuma di bagian atas nenen yang bagian bengkaknya. Di nenen sebelah kiri aq ada benjolan sebesar bakso. Sakiiit banget... Karena ga tahan akhirnya aq ke medan, ke hope clinic, tempat makcik q berobat breast cancer. Ya, aq juga takut jangan-jangan kena juga, Auzubillahiminzalik.

Akhirnya aq di usg ama dokternya. And alhamdulillah nothing dangerous, but the doctor told me that i've got a galactocele. 

Galaktosel itu kayak susu yang terperangkap di nen and ga bisa keluar, kayaknya siy saluran susunya itu tersumbat. Penyebabnya antara lain bisa jadi karena nennya ga habis di PD, trus akhirnya nyumbat deh. Atau pemakaian bh yang ketat or posisi nen yang ga bervariasi (read on the net).

Jadi, aq harus gimana? akhirnya dokternya ngambil tindakan buat nyedot isinya. Galaktosel itu kan isinya susu. So, he take the syringe and injected right through my breast. Sakitnya siy ga terlalu, just like tergigit ama semut pas dimasukin suntiknya. tapi pas di sedot ga sakit sedikit pun. 

Emank bener, susu yang dikeluarin. Dokternya berhasil ngeluarin 7cc air susu yang udah kental banget. And rasanya nenen aq lega banget, rasa sakitnya ilang.

Unfortunately, sehari setelahnya, galaktoselnya muncul lagi. and akhirnya ya bengkak lagi. Secara logika ya pasti ada lah, secara susu kan produksi lagi. Karena aq udah balik ke langsa kayaknya aq mau di sedot lagi. Ga nahan. Ini udah ditahan-tahan banget and di usahakan ama kompres air hangat and di massage. Tapi, it won't go away..

Apa emank harus disuntik trus untuk nyedot susunya keluar...? Ya Allah, help me...

Contoh usg galaktosel, taken from here. USG aq ada juga siy, tapi malas bgt buat aq masukin kesini (berhubung menghemat waktu.. :D )
breast galactocele

0 comments:

Post a Comment