Sunday, March 31, 2013

Ngurus Akte baby Nadya

Ngurus akte kelahiran itu sebenarnya gampang banget. Tapi yah, namanya juga Indonesia, klo ga ribet yah bukan Indonesia namanya.

Sebenarnya urus aktenya baby nadya itu kemaren gratis. Karena kan udah masuk paket melahirkan dari RS nya. Tapi karena syaratnya itu harus bawa Kartu Keluarga, (yang aq and ipan lum punya) jadi ga jadi urus disitu. And akhirnya kita mutusin untuk urus di Langsa ajah (secara lahirnya di medan). 

Rupa-rupanya, banyak pula tetek bengek urusan akte di kantor capil (read:catatan sipil). Syaratnya siy dimana-mana sama, ya surat keterangan lahir, ktp ortu, ama KK. Tapi yang bikin aneh, masak ga bisa bikin akte di langsa karena anaknya lahir di medan. Kata petugasnya pembuatan akte harus sama ama tempat lahirnya. Jadi kalo mau buat akte di langsa musti buat surat keterangan lahir yang lain (alias palsu) yang menyatakan lahir di langsa. Ya jelas aku ga mau lah. Itu kan sama ajah bohong.

Jadi heran deh kenapa peraturannya seperti itu. Kok masalah tempat lahir ajah jadi masalah. Yang penting kan jelas anaknya lahir dimana.

Jadilah aku harus balik ngurus ke RS dimedan ajah. Aq telp cs nya. Eh rupanya malah syaratnya mudah bgt. Nyesel kemaren kenapa ga langsung nanya and malah mutusin tuk buat di Langsa.
Syaratnya sama, yang di permudah itu urusan KKnya. Kalo kita (aq and suami) lum punya KK sendiri, tinggal bawa KK keluarga ajah.. segampang itu (sekali lagi, nyeseeeeel bgt kenapa ga ditanya kemaren itu)... Karena aq kemaren itu udah sempat urus KK sendiri pas mo ngurus di Capil Langsa, ya syaratnya udah lengkap.
Tinggal bawa surat lahir, KK, KTP and buku nikah, and di kasih ke pihak RSnya, ntar pihak RS nya yang urus ke capil Medan. ANd tadaa... 2 minggu kemudian selesai deh aktenya..

Jadi heran deh ama peraturan di Indonesia ini. Emank harus gitu yah, dimana lahir disitu buat akte? apa itu juga berlaku untuk yang sepropinsi? misalnya kita lahir di langsa, trus mo buat akte di bna, apa ga boleh? Kan di dalam akte ada tertulis lahirnya dimana., jadi mustinya ga masalah. 
Seingat aq, dulu kayaknya ga gitu deh.. Peraturannya bentar-bentar berubah niy kayaknya... Indonesiaaaa, indonesiaaa..... -_-'

0 comments:

Post a Comment