Thursday, January 19, 2012

Dowry a.k.a Mahar alias Mas kawen

One day, at a wedding party...

A friend : Eh dya nikahnya kemaren, brp siy mas kawennya?
Another friend : sebungkah
Aq : apa itu? sebungkah?
Friend ; sebungkah itu sama dengan 16 mayam.. biasanya siy minimal orang aceh di daerah sini segitu , ya klo sanggup juga siy..
Other friend: Apa ajah yang dya dapat, uang hangusnya ada? berapa? isi kamar? lengkap?

*penggalan cerita*


Gitu deh klo udah datang ke pesta kawinan orang, pertanyaan ga luput dari tetek bengeknya mahar dan hadiah dari pihak laki-laki ke pihak perempuan.

Emank siy klo ngikutin kemauan cewek, apalagi aq, maunya maharnya banyak-banyak ajah *biar kaya* haha.. Tapi juga ga boleh gitu yah, mo kawen ato mo jual anak (kata orang2 siy gtu klo mahar udah terlalu tinggi). Sayang juga kan cowoknya, bisa mati berdiri mikirin darimana uang tuk beli emas segepok. Pa lagi klo kawen ma pacar sendiri, (kadang udah ke makan cinta) akhirnya yah cincai cincai lai...

kemaren sodara sepupu aq (laki-laki) pas kawen dimintain mahar 30 mayam emas (1 mayam= 3,3 gr). spp co yang laen malah lebih fantastis 40 mayam bowk.. gila ajah tuh, belom lagi termasuk uang beli hantaran, uang hangus, kamar tidur.. Emank ga da pengertian nya tuh *geleng-geleng kepala* mau ngerampok kayaknya :D tapi mo begimana lagi, klo dah suka pasti disanggupin ajah. 

Klo aq sendiri siy emas kawinnya standard ajah *tp bukan sebungkah and ga enak disebut dsni :)*. Karena orang aceh, and aq juga punya kakak yang udah duluan menikah, jadi minimal mas kawinnya harus sama dengan kakak, lebih boleh. Cuma sayang juga "si kawan" klo harus di tambah, itu ajah udah mahal kali cuma tuk emasnya doang. Keluarga aq juga minta uang kasih sayang alias uang hangus, tpi juga ga dipatokin berapa, ya semaunya mereka ajah. Trus aq juga ga minta isi kamar (tradisi orang Aceh di Langsa, Aceh timur and Aceh Utara). Intinya ga mau memberatkan pihak laki-laki lah.

Biasanya urusan mas kawin itu udah di bicarain pas acara lamaran (pas tunangan). Dulu aq siy begitu, langsung di bilang berapa and mau apa lagi selain emas tsb. And klo mo ikut adat aceh lagi, pas lamaran di kasih cincin emas (biasanya sekitar 2 mayam), ntar dibilang tuh ama pembicaranya, HIDUP atau Mati.
klo hidup artinya total emas yang dibawa dikurangin emas yg udah di bawa pas lamaran.
klo mati emas yang dibawa tuk mahar nanti ga termasuk emas yang udah di bawa.
Klo aq siy mending yang mati, jadi bisa lebih banyak emasnya.. haha *cewek matre*

Tapi pas aq kemaren tuh, ga ada bawa cincin emas itu. Karena aq ga suka pake cincin emas kuning gtu, jadi aq dan dya beli cincin mas putih sepasang yang di dalamnya di ukir nama gtu *macem di pilem-pilem*. Jadi maharnya yah full dikasih pas nikah ajah...

Khusus mahar, orang Aceh biasanya pake emas yang murni, klo ga salah yang 99,9 % gtu atau kadang disebut mas london. And selama hidup aq, ga pernah orang Aceh itu ngasih seperangkat alat sholat, ato qur'an ato uang tuk mahar...Matre juga ternyata orang Aceh... haha.. Kidding..
Sebenarnya bagus juga siy klo di kasih emas, kan bisa di jadikan modal dalam kehidupan ntar, and juga, klo mahar itu kan harus diamalkan, jadi klo seandainya di kasih al-qur'an terus ga diamalkan, dosanya itu (katanya) gede bgt..  *musti nanya ustad betul ato ga*

Anyway ini tulisan terinspirasi dari si Ami dari tulisannya tt dowry.. :)

7 comments:

Farissi (イチ) said...

Ahh..ici tau mahar y dimaksud berapa..hehe :p

Hmmm,mang kalo ngomongin mahar and segala urusan acara itu...y plg malas didengar adl omongan org2 ya.. =D

アミ said...

oic, ini tulisan versi yang sedang proses menuju pelaminan...:)
btw, uang hangus itu untuk apa fa???

~Ulfa~ said...

kok tau ci? hehe

ami : hehe.. iya mi.. uang hangus, ya untuk keperluan pesta deh kayaknya..

アミ said...

ooo..moga acaranya lancar ya ulfa-chan~! ^^

~Ulfa~ said...

amiin... :)

Ama Atiby said...

Jadi kapan ne acaranya fa? Mudah-2an lancar ya... Mungkin Ama bisa ikutan lihat ufa pake baju penganten di rumahnya ipan (hehe... itu pun kalo diundang)

~Ulfa~ said...

insh awal bulan 2 ini ama... pasti di undang.. :)

Post a Comment